PUBLIPRENEUR-BASED LANGUAGE LEARNING (PBLL) PEMBELAJARAN BAHASA PENDEKATAN WIRAUSAHA PENERBITAN SEBUAH METODE BELAJAR TEMATIK UNTUK PENDIDIKAN VOKASI

Language Learning (PBLL) with a Teacher`s Book for Vocational Learners in Indonesia. The principles are (1) material should be based on production and entrepreneurship strategy, using communicative approach and meaningful learning, (2) the syllabus material derived from the curriculum,
(3) using authentmetode-belajat-tematic_zalzulifaic text and the task-incorporated multicultural prespective, (4) the unit structures of material content are preliminary explanation, linguistic model, text model and task model.

The models hence guide learners to use the basic language skills (reading, writing, listening, speaking) implemented during the learning activities ought to encourage them enjoy learn and practice the activities of editorial job cycle from prewriting-drafting-revising-editing-publishing-marketing-delivering. The respondents` opinion, the-t-test analysis and readibility formula are used to test the model product or textbook effectiveness. The result shows that the model is effective for diploma three year program in Indonesia, especially at the State Polytechnic of Creative Media (Polimedia).


Keywords: Language Competencies, Language Acquisition, Publipreneur Based Language Learning.
—————————————————————————————————————————————

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Bahasa Inggris untuk tujuan khusus pendidikan wirausaha penerbitan sebagai implementasi dari kebijakan kurikulum berbasis kompetensi produksi dan
kompetensi wirausaha di Politeknik Negeri Media Kreatif. Tahapan penelitian, meliputi: (1) kajian teoritis, (2) identifikasi kebutuhan, (3) pengembangan kurikulum dan bahan ajar, (4) draft awal produk bahan ajar berupa buku dosen dan buku pegangan mahasiswa, (5) uji lapangan tahap awal, (6) revisi model pertama,
(7) uji coba model kedua, (8) revisi model kedua, (9) uji coba lapangan, (10) uji keterbacaan,

dan (11) model buku ajar tahap final. Penelitian menghasilkan satu set bahan ajar Pembelajaran Bahasa Pendekatan Wirausaha Penerbitan atau Publipreneur Based Language Learning (PBLL) untuk pendidikan vokasi di Indonesia. Prinsip-prinsip bahan ajar tersebut meliputi: (1) bahan ajar berbasis pada strategi pembelajaran pendekatan kompetensi produksi dan kompetensi wirausaha, menggunakan pendekatan komunikatif dan pembelajaran bermakna, (2) bahan silabus bersumber dari kurikulum, (3) memiliki teks-teks autentik dan berbasis tugas dalam perspektif multikultur, (4) struktur dasar dari isi bahan ajar mengandung penjelasan awal, unsur linguistik, unsur teks dan usnur tugas.

Model bahan ajar bersifai memandu pembelajar untuk menggunakan kemampuan dasar berbahasa (membaca, menulis, mendengar, berbicara) diterapkan selama aktivitas belajar dan dengan bantuan teknologi mendorong terciptanya rasa senang dan nyaman dalam praktik sungguhan pekerjaan pelaku industry penerbitan mulai tahapan pramenulis, mendraft, merevisi, menyunting, menerbitan, memasarkan, dan menyerahkan. Pendapat responden, analisis t-test dan tingkat keterbacaan bahan ajar digunakan untuk menguji efektifitas model. Hasilnya menunjukkan bahwa model PBLL efektif bagi program diploma vokasi tiga tahun di Indonesia, khususnya di Politeknik Negeri Media Kreatrif (Polimedia).
Posted in Uncategorized | Leave a comment

Hello world!

Welcome to Blog Dosen polimedia. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!

Posted in Uncategorized | Leave a comment