Buku Ajar Aplikasi Perangkat Bergerak

Buku ini berisi teori dan pengetahuan tentang aplikasi perangkat bergerak. Penyajian materi di dalam buku ini dibagi menjadi 9 (sembilan) bab yaitu bab pertama membahas perkembangan teknologi mobile, bab kedua membahas ekosistem teknologi mobile, bab ketiga membahas media massa mobile, bab keempat membahas perancangan strategi mobile, bab kelima membahas aplikasi perangkat mobile, bab keenam membahas arsitektur informasi aplikasi mobile, bab ketujuh membahas desain aplikasi mobile, bab kedelapan membahas platform mobile Android, dan bab kesembilan membahas MIT App Inventor. Buku ini ditujukan untuk dapat menjadi pegangan mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Aplikasi Perangkat Bergerak.

Buku Ajar dapat diunduh di: Buku Ajar Aplikasi Perangkat Bergerak

Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Jakarta Map Tour pada Perangkat Bergerak berbasis Android Mobile Platform

Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia yang menjadi pusat pemerintahan sekaligus sebagai pusat bisnis dan niaga di Indonesia menyebabkan terdapat begitu banyak pengunjung yang datang dengan berbagai keperluan baik dari seantero nusantara maupun mancanegara. Hal ini menjadi potensi bagi kota Jakarta untuk dapat meningkatkan pendapatan daerahnya melalui peningkatan kunjungan ke tempat-tempat wisata. Akan tetapi ritme kehidupan yang begitu cepat menyebabkan waktu menjadi hal yang sangat berharga bahkan untuk mencari informasi tempat-tempat wisata. Dengan demikian dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat membantu untuk mengetahui informasi peta tempat-tempat wisata di kota Jakarta yang praktis dan dapat dibawa kemana-mana (mobile).

Peningkatan jumlah pengguna mobile device dengan sistem operasi android baik dalam bentuk tablet PC, smartphone, dan phone tablet (phablet) menjadi keunggulan utama bagi perangkat yang menggunakan sistem operasi tersebut. Sifatnya yang open source memudahkan bagi para pengembang aplikasi untuk membangun aplikasi-aplikasi yang berpotensi untuk menarik pengguna (user) dengan biaya yang rendah. Dengan demikian pembuatan aplikasi informasi peta tempat wisata di kota Jakarta berbasis platform mobile device android ini dapat menjadi solusi kreatif dalam peningkatan kunjungan pariwisata di kota Jakarta.

Aplikasi informasi obyek wisata Jakarta Map Tour yang dibuat pada penelitian ini berupa purwarupa aplikasi yang menggunakan sepuluh data sampel obyek wisata. Obyek wisata yang dijadikan sebagai obyek penelitian mencakup berbagai macam katagori yaitu monumen, museum, rekreasi, seni budaya, dan pusat perbelanjaan. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa secara umum waktu yang dibutuhkan aplikasi dalam merespon suatu event yang diinisiasi oleh pengguna adalah relatif singkat/cepat yaitu kurang dari 1 detik. Terkecuali pada saat pengguna melakukan klik pada tombol Map untuk menampilkan peta lokasi obyek wisata maka waktu yang dibutuhkan oleh aplikasi untuk menampilkan peta secara penuh yaitu berkisar 1 hingga 4 detik. Delay yang cukup signifikan ini diakibatkan oleh adanya waktu yang dibutuhkan oleh aplikasi untuk melakukan komunikasi data dengan server Google Map dimana data peta lokasi obyek wisata tersebut berada.

Publikasi penelitian dapat diunduh di: Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Jakarta Map Tour pada Perangkat Bergerak berbasis Android Mobile Platform

Purwarupa aplikasi dapat diunduh di: Aplikasi Jakarta Map Tour

Rancang Bangun Aplikasi Kalkulasi Biaya Cetak pada Mobile Platform Berbasis Android

Meningkatnya kebutuhan akan jasa cetak buku, bervariasinya mesin dan proses cetak, serta fluktuasi harga jasa dan bahan cetak akan meningkatkan jumlah dan macam variable yang harus diperhitungkan dalam kalkulasi biaya cetak. Untuk meningkatkan produktivitas maka dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat membantu melakukan perhitungan ongkos biaya cetak yang praktis dan dapat dibawa kemana-mana. Peningkatan jumlah pengguna perangkat mobile dengan sistem operasi android baik dalam bentuk tablet PC, smartphone, dan phone tablet phablet) menjadi keunggulan utama bagi perangkat yang menggunakan sistem operasi tersebut. Sifatnya yang open source memudahkan bagi para pengembang aplikasi untuk membangun aplikasi-aplikasi yang berpotensi untuk menarik pengguna (user) dengan biaya yang rendah. Dengan demikian pembuatan aplikasi kalkulasi biaya cetak pada mobile platform berbasis android diharapkan dapat menjadi solusi kreatif dalam mengantisipasi peningkatan kebutuhan akan pekerjaan cetak khususnya cetak buku.

Proses pengembangan aplikasi kalkulasi biaya cetak buku yang dibuat di dalam penelitian ini mengikuti tahapan siklus pengembangan perangkat lunak secara umum antara lain diawali dari tahap analisis sistem kalkulasi biaya cetak buku, tahap perancangan aplikasi mobile platform berbasis android, pemrograman aplikasi menggunakan MIT App Inventor, kemudian dilanjutkan dengan tahap pengujian yang terdiri dari pengujian tampilan antarmuka, pengujian perhitungan, dan pengujian kompatibilitas aplikasi.

Setelah melalui tahap pengujian dapat diketahui bahwa aplikasi kalkulasi biaya cetak buku ini dapat mencapai tingkat akurasi yang cukup tinggi yaitu “ 99,45% ” dengan hanya membutuhkan waktu proses perhitungan selama “ 1 hingga 2 detik ”. Kompatibilitas aplikasi juga cukup tinggi setelah dilakukan pengujian run time aplikasi pada 3 (tiga) unit perangkat mobile dengan versi sistem operasi android yang berbeda-beda. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi kalkulasi biaya cetak buku yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah aplikasi praktis yang dapat digunakan untuk memudahkan proses kalkulasi biaya cetak buku sehingga dapat menjadi solusi kreatif dalam mengantisipasi peningkatan kebutuhan akan pekerjaan cetak buku.

Publikasi penelitian dapat diunduh di: Rancang Bangun Aplikasi Kalkulasi Biaya Cetak pada Mobile Platform Berbasis Android

Purwarupa aplikasi dapat diunduh di: Aplikasi Kalkulasi Biaya Cetak

Buku Ajar Jaringan Multimedia

Buku ini berisi teori dan pengetahuan tentang teknologi jaringan multimedia. Penyajian materi dibagi menjadi dua bagian yaitu: pada bagian pertama dibahas mengenai infrastruktur teknologi informasi dan pada bagian kedua dibahas mengenai distribusi multimedia. Pembahasan tentang infrastruktur teknologi informasi terbagi menjadi dua bab yaitu: teknologi jaringan komputer dan teknologi telekomunikasi. Sedangkan pembahasan tentang distribusi multimedia juga terbagi menjadi dua bab yaitu: distribusi multimedia dan QoS (Quality of Service) multimedia. Buku ini ditujukan untuk dapat menjadi pegangan mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Jaringan Multimedia.

Buku Ajar dapat diunduh di: Buku Ajar Jaringan Multimedia

Rancang Bangun Aplikasi Informasi Spesifikasi Mesin Grafika pada Perangkat Bergerak (Mobile Device)

Banyaknya kebutuhan akan jasa cetakan meningkatkan jumlah perusahaan percetakan baik yang skala besar, menengah dan kecil. Pada perusahaan percetakan skala menengah dan kecil yang belum memiliki sistem informasi yang baik, tahap perencanaan produksi menjadi hal yang menyulitkan karena harus menghafalkan spesifikasi kemampuan dari masing-masing mesin yang dimiliki dalam merencanakan pengerjaan pesanan cetakan. Bervariasinya mesin cetak yang digunakan dari tahap prepress, press, hingga postpress menambah tingkat kesulitan dalam hal menghafalkan spesifikasi kemampuan dari masing-masing mesin tersebut khususnya jika ada mesin yang baru atau mesin yang jarang digunakan. Dengan demikian dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat membantu untuk mengetahui informasi spesifikasi mesin-mesin grafika yang praktis dan dapat dibawa kemana-mana (mobile).

Peningkatan jumlah pengguna mobile device dengan sistem operasi android baik dalam bentuk tablet PC, smartphone, dan phone tablet (phablet) menjadi keunggulan utama bagi perangkat yang menggunakan sistem operasi tersebut. Sifatnya yang open source memudahkan bagi para pengembang aplikasi untuk membangun aplikasi-aplikasi yang berpotensi untuk menarik pengguna (user) dengan biaya yang rendah. Dengan demikian pembuatan aplikasi informasi spesifikasi mesin grafika pada platform mobile device android ini dapat menjadi solusi kreatif dalam peningkatan produktifitas pekerjaan cetak khususnya dalam aspek perencanaan produksi.

Luaran penelitian ini adalah aplikasi informasi spesifikasi mesin grafika yang dapat digunakan pada perangkat mobile device dengan sistem operasi android dan publikasi hasil penelitian dalam jurnal ilmiah. Aplikasi mobile yang dihasilkan berupa file instalasi android dengan nama file “ Spek_Mesin_Grafika.apk ” dengan ukuran file yang relatif kecil yaitu “ 1,6 Kilobytes ”. Pada saat pengujian runtime aplikasi terdapat 2 (dua) tahapan proses utama yang dilakukan oleh aplikasi yaitu proses pemindaian (scanning) QR code yang membutuhkan waktu 1 – 2 detik, dan yang kedua adalah proses pemanggilan data informasi spesifikasi mesin grafika dari web server untuk kemudian ditampilkan pada layar perangkat mobile yang membutuhkan waktu 2 – 5 detik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi informasi spesifikasi mesin grafika yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah aplikasi praktis yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mengetahui spesifikasi mesin-mesin grafika.

Publikasi penelitian dapat diunduh di: Rancang Bangun Aplikasi Informasi Spesifikasi Mesin Grafika pada Perangkat Bergerak (Mobile Device)

Purwarupa aplikasi dapat diunduh di: Aplikasi Spesifikasi Mesin Grafika

Pelatihan Web Administrator Blog Dosen Polimedia

Pelatihan Web Administrator Blog Dosen Polimedia (dosen.polimedia.ac.id) diselenggarakan oleh UPT Pusat Informatika – Politeknik Negeri Media Kreatif, acara dilaksanakan di Hotel GRAND USSU, Cisarua, Bogor pada tanggal 16 s.d. 17 Juni 2014. Adapun isi materi pelatihan terbagi menjadi dua yaitu:

1. Pelatihan Penyimpanan Data menggunakan Online Storage

Modul pelatihan dapat diunduh di:  Modul Pelatihan Penyimpanan Data menggunakan Online Storage

2. Pelatihan Penggunaan Blog Dosen Polimedia

Klasifikasi Diatom menggunakan Signature dan Support Vector Machine

Diatom merupakan jenis alga bersel tunggal yang ukurannya sangat kecil, dalam orde mikrometer, hidup di air tawar maupun air laut. Keberadaan diatom dapat dimanfaatkan untuk memonitor kualitas air, mendeteksi adanya polusi pada air, mempelajari perubahan iklim dan lingkungan di masa lalu hingga digunakan untuk menganalisis penyebab kematian pada ilmu forensik. Pemanfaatan diatom untuk berbagai keperluan tersebut dilakukan dengan cara mengidentifikasi dan mengklasifikasi jenisnya. Setiap jenis diatom dibedakan dari bentuknya sehingga proses melakukan analisis bentuk diatom adalah bagian penting dalam membangun sebuah sistem identifikasi dan klasifikasi otomatis. Penelitian ini bertujuan membangun sistem klasifikasi diatom otomatis dengan menggunakan metode Signature pada proses ekstraksi fitur bentuk diatom dan metode Support Vector Machine (SVM) pada proses klasifikasinya. Data citra diatom yang digunakan diambil langsung dari perairan di Indonesia. Kinerja klasifikasi yang didapatkan dari hasil pengujian mencapai akurasi 96% hingga 100%.

Publikasi penelitian dapat diunduh di: Klasifikasi Diatom menggunakan Signature dan Support Vector Machine